Another Plans

Kita pasti sering mendengar istilah "Manusia hanya berencana, Tuhan yang menentukan" ..

Langkah demi langkah setiap manusia pasti seringkali mengalami hal di luar rencana, biasanya kita menyebut ini dengan "kegagalan" , "kesuksesan yang tertunda" , "kebahagiaan yang tertunda" dsb...
Tapi sebenarnya, apapun itu yang kita alami pasti merupakan rencana terbaik dari Tuhan.. yaaa yaa, kita tahu itu tapi tetap saja yaa yang namanya kodrat manusia sebagai makhluk yang tidak pernah puas, seringkali kita mengeluh atas apa yang terjadi dalam kehidupan kita...

Saya mungkin memang tidak seberuntung mereka yang bisa masuk di perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, namun sebenarnya lebih banyak lagi yang tidak seberuntung saya, bisa mengenyam di bangku perkuliahan..
Aneh memang rasanya, namun Tuhan memang Maha Adil.. tidak akan ada si kaya jika tidak ada si miskin, dan tidak ada si cantik jika tidak ada si jelek..

Terkadang usaha dan keinginan kita yang belum tercapai, seringkali membuat kita down.. padahal dibalik itu semua akan ada hikmahnya. Seperti contohnya kisah selebriti Nuri Maulida, dia dan calon suami nya sudah mempersiapkan pernikahannya dengan sangat matang hampir 100% , tinggal pelaksanaan hari H nya saja.. dan ternyata Tuhan berkehendak lain.. calon mertua nya sakit serius sehingga pernikahan harus dibatalkan.. Siapa sangka kan, rencana yang sudah sebegitu matangnya ternyata Tuhan berkehendak lain?!

Hampir mirip dengan kisah saya.. yaa tapi bukan pernikahan (oopss, ><)
Waktu SMK, saya mempunyai prestasi yang cukup… pernah 2x menjadi peserta LKS Web Design tingkat Propinsi JABAR kontingen Kab. Bekasi (meskipun ga menang di tingkat JABAR T.T), pernah menjuarai Lomba Web Design di Kampus Bani Saleh, beberapa kali mendapat beasiswa dari sekolah (gratis SPP beberapa bulan :’) ), mendapat predikat siswi berprestasi dan mendapat beasiswa dari perusahaan di kawasan MM2100, diterima di beberapa kampus di Kabupaten Bekasi dan Bandung tanpa seleksi, sertifikat INDEFF yang memudahkan saya jika ingin menjadi mahasiswi di PTN Kesenian di Jakarta dan yang terakhir saya ingat pernah mendapat beasiswa di salah satu perguruan tinggi teknologi swasta di Bandung..
Yaa kadang saya ga menyangka pernah mendapat hal2 seperti itu, bahkan saya seringkali lupa.. ya ini yang kadang membuat saya kurang bersyukur karena lupa atas rezeki dari Allah (Astaghfirullah.. )

Dan saya ingat sekali, salah satu ucapan sahabat saya waktu SMK seperti ini "Ya Allah bel, lu enak banget tinggal pilih tuh mau masuk kuliah dimana.. semua pintu udah terbuka"  ( terharu ingetnya :') )
Sekaaallllliiii lagi, manusia hanya berusaha dan berdoa.. keputusan tetap hanya di Allah SWT... 

Karena begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan, terbukti kan saat ini saya kuliah di luar list kampus yang waktu itu membukakan pintunya untuk saya.. Saya memilih kuliah sambil bekerja..
Bahkan, banyak yang memandang sebelah mata terhadap kampus saya ini.. Meskipun memang, fasilitias dan pengalaman sebuah kampus akan menunjang prestasi mahasiswa/i nya, namun namanya juga sekolah.. semua tergantung yang ngejalanin.. 
Semisal, seorang anak yang kuliah di perguruan tinggi ternama namun orientasi nya hanya untuk gaya2an maka prestasinya tentu akan berbeda dengan anak yang kuliah di kampus yang "sederhana" namun orientasinya untuk belajar, ia selalu mengembangkan ilmu2nya..

Ini semakin mengukuhkan saya, bahwa Tuhan punya "Another plans"... 

Parangtritis Beach, Yogyakarta (2011)

Nasihat dari bapak selalu mengiringi langkah saya, isinya seperti ini :

"Sebenarnya tanpa disadari, Allah selalu mengabulkan doa2 manusia lewat 3 cara :
1. Doa yang dikabulkan langsung
2. Dikabulkan namun ditunda (di lain hari)
3. Dikabulkan namun diganti (dengan hal yang jauh lebih baik dari apa yang kita inginkan)
Karena Allah Maha Mengetahui segala yang tidak kita ketahui.."

Dan saya yakin, Insya Allah.. Allah punya rencana yang jauh lebih baik ketika saya lebih memilih untuk kuliah sambil bekerja.. :)

Maaf, saya bukan bermaksud membanggakan diri apalagi menggurui, ini hanya sebagian kecil cerita saya yang mungkin bisa dijadikan pelajaran untuk saya sendiri dan temen2 yang mungkin memiliki pengalaman yang sama dengan saya dan hampir down untuk beberapa waktu.. Saya hanya ingin mengajak temen2 untuk bersama2 membuka mata, hati, pikiran dan telinga yang selama ini mungkin masih tertutup ><

Semoga kita tergolong dalam orang2 yang sabar, tawakal dan selalu istiqomah di jalan-Nya.. 
yakinlah.. "Allah selalu bersama dengan orang2 yang sabar dan Allah selalu punya rencana lain.." :)

0 comments:

Post a Comment