Membuat Design Teks 3D dengan Adobe Illustrator

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada temen2 yang sudah menyempatkan dirinya untuk klik link kesini,hho..
saya akan berbagi sedikit cara untuk membuat design teks 3D dengan Adobe Illustrator..



Kebetulan saya baru bikin design untuk ucapan Ramadhan 1434 H ini.. 
Oya sedikit info, kalo pada postingan sebelumnya saya masih menggunakan Adobe Illustrator CS2 maka disini saya sudah menggunakan Adobe Illustrator CS5, makanya tampilannya agak beda, tp tool nya sama ko.. hhhee
yupps langsung saja

1. Seperti biasa, kita bikin aja design dengan ukuran Artboard 210 x 287 mm (alias: A4).
2. Buat kotak dengan Rectangle Tool (M), dan beri warna kuning muda (Yellow : 15%). Kemudian tambahkan teks dengan menggunakan Type Tool, beri warna hijau. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini


3. Untuk variasinya, kita bikin bulat2 dengan Elipse Tool (tool ini ada di pilihan Rectangle Tool atau tekan L pada keyboard). Beri warna hijau


4. Kita buat Opacity warnanya dibawah 100%, di panel Transparency seperti ini



5. Pengurangan Opacity itu berguna ketika ada penumpukan objek maka akan terlihat transparansinya dan hasilnya akan seperti ini


6. Duplikat bulat2 tersebut, dan posisikan di ujung kiri atas dan ujung kanan bawah seperti ini


7. Ini dia bagian yang dinanti-nanti, kita akan bikin Teks 3D nya.. sebelumnya bikin layer baru dulu yaaa.. di panel Layers, klik New Layer (yang dilingkar merah dibawah ini)


8. Kita ganti nama layer nya ya.... double klik di layer baru nya, sehingga akan muncul window seperti ini


9. Buat teksnya, terserah mau pake font apa aja tapi disini saya pake font Coreldraw.
Kemudian diberi warna hijau


10. Beri efek 3D pada menu Effect > 3D > Extrude & Bevel


11. Maka akan muncul window 3D Extrude & Bevel Options, atur posisi dimensinya sehingga menjadi seperti dibawah ini


12. Maka akan tampak hasilnya


13. Untuk variasinya, kita bikin per huruf nya miring2.. tapi sebelumnya di Create Outline dulu.. caranya gini
Klik kanan pada teks yang sudah diketik, trus pilih Create Outline


14.  Setelah itu di Ungroup dulu, klik kanan di teks tsb pilih Ungroup


15. Baru deh kita buat miring2 per huruf seperti ini




16. Buat kata2 lain dan ulangi cara nomor 9-15 .. dan hasilnya seperti ini


 17. Setelah itu tambahin deh kata2 ucapannya.. jreng jreeeenngggg jadi deeeh :D


Tinggal dimodif deh ama kamu mau bikin ucapan apa aja :D

Happy Ramadhan guyss.. Marhaban Ya Ramadhan..
Semoga tutor ini bermanfaat..
Feel free to share..

email : hafifah.bella@gmail.com
facebook : http://www.facebook.com/hafifah.bella



9 comments:

  1. numpang nyimak & praktekin ya sob..

    ReplyDelete
  2. .mba saya kok kagak bisa di outline yah hasil renderannya...kalo saya outline text yg udah di render paling yg kena outline cuma text nya saja, renderannya masih ada...saya mau renderannya ke outline juga biar kagak terlalu berat bisa kagak yah... saya pakai cs6 versi windows... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dibikin "create outlines" gitu? supaya ga bentuk teks lagi?

      Delete
  3. trima kasih mbak atas info tutornya. kunjungi juga http://www.razisolutions.com/2016/01/the-solutions-to-increase-ram-android.html

    ReplyDelete