Teknokreasi : A Nation of Possibilities !

Hello readers! kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya dalam kunjungan ke acara INAICTA 2013 pada hari Minggu, 1 September 2013 di Jakarta Convention Center.
Tahun ini saya menjadi peserta Workshop Pemrograman Robotika dengan Kit Robot Ganesha oleh Bapak Dr. Riza Muhida. Well,  Tema yang diangkat kali ini adalah INAICTA 2013 Teknokreasi : A Nation of Possibilities.
Seperti biasanya Workshop, sesampainya disana kita registrasi dulu dengan menunjukkan tiket yang sudah saya dapatkan secara online.

Karna masih pagi dan Workshop belum dimulai, kami (saya dkk.) menyempatkan diri untuk keliling Exhibition peserta INAICTA 2013 (yang selalu membuat saya iri dengan kecerdesan mereka, hhiii). So, sekalian kita foto2.. dan stage ini nih, yang jangan sampai kelewatan untuk dijadikan background of your "cheers" :D
Disini ada Talkshow Stage, Community Area..
Di Hall sebelah, ada acara Sri Mimpi Indonesia..












Fualla, It's time to Workshop.. di Ruang Nuri 2 ini sudah disiapkan beberapa komputer untuk peserta Workshop.. Kami belajar mulai dari teori dasar pengenalan tentang Robot dan ROCI (Robotic Organizing Committee Indonesia)


Kit ini nih, buatan Dr. Riza Muhida sebagai praktek kami dalam meng-implementasikan Pemrograman Robotik dengan Kit Robot Ganesha..


Untuk software nya, kami menggunakan Scratch. Dengan software ini lah kami belajar memrogram (a.k.a memprogram)  Kit Robot Ganesha (gambar diatas). Setiap gerakan, sensor (cahaya, suara, dll.) bisa dikendalikan dengan Scratch ini.. Dibawah ini adalah tampilan software nya..




Break dulu.. time to lunch


Foto bareng Eva..
Abis makan, masih harus narsis dokumentasi dulu.. hhee :D
Masih break, waktu itu masih milih2 mau ikut Workshop apa lagi.. Soalnya Workshop Pemrograman Robotik dengan Kit Robot Ganesha nya cuma sampai break makan siang..
Sempetin dulu waktunya untuk foto2.. hhee
Dan akhirnya kami memilih untuk ikut Workshop Robotika Wall-E..
Meskipun kami ga ikut Workshop ini dari awal, seenggaknya kami bisa dapet ilmu sedikit dari Mas Eric yang ternyata lulusan Ilmu Kesenian namun bisa bikin robot.. howw amazeee :O







Mas eric hanya menggunakan alat2 bekas untuk membentuk tubuh robot2 yang sudah dia buat selama ini.. Dan betapa kreatifnya dia, bisa bikin robot dengan cost yang minim..
Di workshop ini dia praktek bikin mata wall-e dari pipa, teropong kecil dan mobil remote control.. jadi mesin yang ada di dalme mobil remote control itu diambil, dan dipasang sebagai motor leher dan mata Wall-e..

Nah, kalo wall-e yang satu ini ni.. karya terbaik mas eric, ada 16 motor lho.. :D



7 comments:

  1. #great experience .. lanjut terus sist! ..

    boleh comment tentang blog nya? , kamu jago bikin vector kan? coba di bagian header dikasih coretan vector tentang kamu , ih pasti keren banget tuh ..

    kunjungan perdana nih, kapan2 ane maen kemari lagi .. jgn lupa silaturahmi ke blog ane ya sist ^_^ http://blog.riandesign.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih broh, bisa jadi masukan.. udah lama ga ngoprek blog lagi eung, jagoan kamu.. saya udah pernah mampir ke blog kamu yang itu, pernah baca2 tentang modifikasi desain dgn css..

      hebat uy (y) ^^

      Delete
  2. jarang2 ada cewe yang bisa ngeblog, trus desain blognya sampe gini, keren pokoknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini template nya udah ada ko, cuma modif2 dikit.. hhee.. masih belajar :D..
      btw, makasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  3. wah... terlabat sekali saya baru nemu blog ini... terimakasih, si wall.e yang cm dr barang bekas bisa mejeng di blog ini....hehehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh mas eric, thenkyuu ats kunjungannya di blog kecil ini.. hheee.. salam yaa buat si wall-e :))

      Delete